Tuesday, April 29, 2014

Menikmati Bunga Sakura

bunga di tepi jalan pun tak kalah cantik


Beruntungnya saya bisa datang ke Jepang pada saat Musim semi. Bagi orang yang datang dari negara tropis seperti Indonesia, kemungkinan besar akan merasa sedikit kedinginan. Cuaca di Narita saat itu sekitar 15 derajat celcius. Kalau di Indonesia mungkin seperti berada di daerah yang cukup tinggi atau di sekitar kaki gunung. Walaupun hari yang beranjak siang membuat cuaca sedikit menghangat, tapi tetap saja saya masih bertahan dengan jaket yang saya kenakan semenjak masih di dalam pesawat.

Kehidupan saya sebagai mahasiswi pertukaran pelajar pun telah resmi dimulai. Berbagai hal menyangkut asrama, kuliah, kampus, asuransi kesehatan, dan juga pengurusan alamat selama di Jepang pun harus saya pelajari selama beberapa hari pada awal kedatangan saya di Jepang. Berbagai orientasi pun harus saya ikuti. Memang sedikit ribet tapi harus dijalani.

Selama masa orientasi, mumpung masih belum disibukkan dengan kuliah dan tugas, serta bunga Sakura sedang mekar saya dan teman-teman sesama mahasiswi program pertukaran pelajar pun memutuskan untuk pergi Hanami. Saya berkesempatan untuk bisa ber-Hanami selama dua Kali. Lokasi keduanya tidaklah begitu jauh dari asrama, akan tetapi lokasinya berada di arah yang berlainan.

Hanami, kalau dilihat dari kanjinya berarti 'melihat bunga' (花= hana = bunga, 見= mi = melihat). Bunga yang dimaksud adalah bunga Sakura yang menjadi ciri khas negara Jepang. Uniknya bunga Sakura hanya mekar paling lama 2 minggu sekitar bulan Maret-April tergantung tempatnya, kemudian setelah itu rontok. Setelah bunganya rontok, daun pohon bunga Sakura pun akan tumbuh. Bunga akan mekar kembali setelah musim dingin berikutnya. Jadi, Sakura hanya bisa dinikmati setahun sekali. Saking istimewanya, bahkan di beberapa tempat juga digelar Fetival Sakura. Lengkap dengan peta panduan dan kedai-kedai penjual makanan serta minuman.

Biasanya Hanami dilakukan di taman atau pinggir Jalan yang terdapat banyak pohon Sakura. Orang-orang akan menggelar tikar atau alas di bawah pohon Sakura kemudian duduk-duduk untuk menikmati keindahan bunga Sakura sambil makan dan minum bersama keluarga, teman atau orang terkasih.














peta menuju lokasi festival Sakura

No comments:

Post a Comment