Friday, May 9, 2014

Hasedera Temple & Kotoku-in Temple, Kamakura

Perjalanan ke Kamakura sebenarnya sudah berlalu beberapa minggu lalu namun belum sempat saya tulis. Jalan-jalan ke Kamakura sebenarnya menjadi agenda saya ketika musim panas. Hari Jumat saya hanya memiliki satu jadwal kuliah yang harus diikuti dan berakhirnya pun pada jam makan siang. Setelah jam makan siang pun otomatis saya punya waktu luang. Pagi sebelum beragkat ke kampus, seorang teman mendadak mengajak untuk pergi ke Kamakura. Perginya setelah saya selesai kuliah katanya. Berhubung saya tidak punya kegiatan lain setelah kuliah, saya pun meng-iyakan ajakannya.

Kurang lebih pukul 1 siang kami pun berangkat dari stasiun Shonandai yang dekat dengan asrama. Untuk menuju ke Kuil Kotoku-in atau Great Buddha di Kamakura, kami harus berganti kereta di stasiun Fujisawa. Perjalanan dari Stasiun Shonandai ke Hase, Kamakura memakan waktu kurang lebih satu jam. Sesampainya di stasiun Hase, kami pun berjalan kaki menuju ke Kuil Kotoku-in selama 10 menit. Sebelumnya kami mampir ke Kuil Hasedera yang letaknya tidak jauh dari Kuil Kotoku-in.

Karena Kuil Hasedera berada di lereng bukit, kami harus menaiki anak tangga untuk mencapai Kuil utama. Namun, perjalanan menaiki anak tangga tidak akan terasa melelahkan karena Kuil ini memiliki taman yang indah. Bangunan-bangunan selain Kuil utama pun tak kalah menarik. Di dalam Kuil utama terdapat sebuah patung yang tingginya sekitar 4 meter. Ketika memasuki Kuil utama, pengunjung tidak diperbolehkan mengambil gambar.

Karena letaknya yang cukup tinggi, pengunjung dapat melihat laut dari pelataran Kuil tersebut. Di samping Kuil terdapat jalan setapak tempat berbagai macam bunga Ajisai ditanam. Bunga-bunga tersebut akan mekar dengan indah ketika musim panas. Sayang sekali ketika saya berkunjung ke sana, belum ada satu bunga pun yang terlihat mekar.

Hari itu cuaca sedang tidak begitu baik, pagi hari hujan turun meskipun menjelang siang masih tersisa mendung. Namun, ketika hari semakin sore hujan kembali turun meskipun hanya gerimis. Setelah puas berkeliling Kuil Hasedera saya pun segera meneruskan perjalanan menuju Kuil Kotoku-in tempat patung Buddha berada. Letaknya tidak jauh dari Kuil Hasedera, cukup berjalan kaki selama kurang lebih 5 menit saja.

Meskipun gerimis, wisatawan yang mengunjungi kuil tersebut cukup banyak. Cukup susah untuk mengambil gambar yang hanya memperlihatkan patung Buddha karena banyaknya pengunjung yang berada di pelataran patung tersebut. Tinggi patung Buddha tersebut sekitar 11 meter dan terbuat dari logam perunggu. Patung tersebut dibangun abad ke 12 pada masa Keshogunan Kamakura. Pengunjung juga bisa masuk ke dalam patung Buddha tersebut dengan membayar 20 yen per orangnya.

Di kedua Kuil tersebut juga terdapat toko yang menjual cinderamata seperti kartu pos, omamori (jimat), strap, serta berbagai macam pernak-pernik khas kedua tempat tersebut.

Hasedera Temple

opening hours
April - September : 8:00 am - 5:30 pm
October - March : 8:00 am - 5:00 pm

Bagi yang ingin mengunjungi Kuil tersebut dari Tokyo maupun Yokohama mdengan menggunakan kereta tidaklah sulit. Dari stasiun Yokohama salah satu alternatifnya adalah dengan naik kereta JR jalur Shonan-Shinjuku yang tujuannya ke Zushi, turun di stasiun Kamakura lalu ganti kereta Enoden dengan tujuan stasiun Fujisawa kemudian turun di stasiun Hase. Dari stasiun Hase tinggal berjalan kaki kurang lebih 10 menit menuju ke Kuil Kotoku-in atau Great Buddha.

Dari Tokyo menuju Kamakura bisa melalui stasiun Shinjuku atau stasiun Tokyo. Jika dari stasiun Shinjuku, naik kereta Odakyu jalur Enoshima menuju ke Fujisawa. Dari stasiun Fujisawa kemudian ganti dengan kereta Enoden menuju Hase. Peron Odakyu dan peron Enoden di stasiun Fujisawa berada di tempat yang berbeda, untuk itu perlu berjalan kurang lebih 3-5 menit.

Dari Stasiun Tokyo bisa naik kereta JR jalur Yokosuka menuju ke Zushi, turun di stasiun Kamakura dan ganti dengan kereta Enoden kemudian turun di stasiun Hase.