Sunday, July 27, 2014

Cupnoodles Museum, Tempat Belajar Sejarah Mi Instan


Cupnoodles Museum atau museum mi instant ini berada di kawasan Minatomirai, Yokohama. Akses menuju ke sana tidak begitu sulit. Berhubung saya setiap ke Minatomirai selalu naik kereta, saya tidak begitu paham dengan jalur bus yang melewati daerah tersebut. Jika naik kereta, bisa diakses dengan Minatomirai Line turun di stasiun Minatomirai atau stasiun Bahsamichi, jika naik Blue Line bisa turun d stasiun Kannai atau stsiun Sakuragicho. Dari stasiun tersebut masih harus berjalan kaki kurang lebih 10-20menit. Namun, perjalanan selama itu menurut saya tidaklah melelahkan karena sepanjang jalan mata akan disuguhi pemandangan perpaduan gedung-gedung tua dengan bangunan modern pencakar langit dan kapal-kapal yang sedang bersandar di kejauhan.

Untuk dapat menjelajahi isi Museum, pengunjung dikenakan biaya sebesar 500 yen untuk dewasa dan 300 yen untuk anak-anak. Di tempat penjualan tiket anda bisa mendapatkan guidebook, bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang disediakan juga yang berbahasa Inggris. Pertama, pengunjung akan masuk ke ruang tempat dimana banyak mi instant diletakkan berdasarkan tahun produksinya. Ruangan ini merupakan ruang pameran berbagai jenis mi instant yang berjumlah lebih dari 3000 bungkus. Bahkan salah satu yang dipamerkan adalah mi instant produk Indonesia, yaitu Indomie. Sayangnya, saya tidak sempat mengambil foto Indomie yang dipajang di sana.

Mi instant pertama dibuat oleh Momofuku Ando pada tahun 1958. Momofuku Ando adalah penemu mi instant pertama di dunia yang kemudian mengembangkan industri mi instant. Tentunya penemuan tersebut tidak instant. Sebelum berhasil menemukan formula yang tepat, berulang kali Momofuku Ando gagal. Namun, berkat kegigihan serta kerja kerasnya orang-orang dapat menikmati mi instant sekarang ini. Pada 1971, Momofuku Ando mengembangkan cup noodles atau mi instant yang berada dalam cup.

Setelah melihat pameran berbagai mi instant, saatny pengunjung beralih ke Momofuku Theater. Ruangan ini mirip dengan bioskop mini yang memutarkan animasi mengenai sejarah mi instant dan menceritakan pemikiran kreatif Momofuku Ando dalam cara yang menarik dan mudah dipahami. Selesai menonton video animasi, pengunjung bisa melihat tempat dimana mi instant pertama diciptakan. Di dalam replika tempat Momofuku Ando menciptakan mi instant tersebut, pengunjung bisa belajar bahwa dengan alat yang sederhana pun selama kita memiliki ide, maka kita bisa juga menciptakan sesuatu yang bisa mengubah dunia.

 Ada enam ide kunci yang mendasari proses kreatif Momofuku Ando. Keenam ide itu adalah temukan sesuatu yang belum pernah ada, temukan petunjuk di sekeliling kita, dan peliharalah sebuah ide, penemuan tidak hanya bisa digunakan oleh satu orang saja melainkan bisa digunakan oleh banyak orang. Kunci keempat adalah lihat sesuatu tidak hanya dari satu sisi melainkan dari berbagai sudut, selanjutnya adalah pikirkan akan sesuatu yang kamu anggap biasa, dan yang terakhir adalah jangan pernah menyerah meskipun kamu terlah gagal berkali-kali teruslah mencoba. Jadi siapkah kamu menemukan sesuatu yang baru?

Di lantai 3 Museum terdapat pabrik pembuatan mi instant. Pengunjung juga bisa membuat sendiri kemasan mi cup original buatan sendiri. Dengan membayar 300 yen, pengunjung bisa mendesain sendiri cup mi mereka. Selain itu juga bisa memilih rasa sup serta bahan-bahan tambahan yang diinginkan. Pengunjung juga bisa merasakan pengalaman membuat mi mulai dari mengolah adonan lalu proses perebusan dan kemudian menggorengnya di dalam minyak panas. Setelah mempelajari proses pembuatannya, pengunjung bisa membawa pulang mi instant yang telah dibuat. Bagaimana? Tertarik untuk membuat mi instant kreasimu sendiri?

Bagi pengunjung yang lapar bisa juga mencoba menu mi dari berbagai negara di Noodles Bazaar yang terletak di lantai 4. Ada Pasta (Italia), Cold Ramen (Korea), Tom Yum Gong (Thailand), Laksa (Malaysia), Pho (Vietnam), Lanzou Beef Ramen (China), dan juga ada Mi Goreng (Indonesia). Harganya tidak mahal, hanya berkisar 300 yen untuk setengah porsinya. Sedangkan bagi yang ingin membeli cinderamata, di lantai 1 terdapat toko suvenir khas Museum.


patung Momofuku Ando
Ayo buat sendiri mi instant kesukaanmu
souvenirnya lucu-lucu

No comments:

Post a Comment