Sunday, June 29, 2014

Jalan-jalan Sekitaran Minatomirai Yokohama



Akhir minggu adalah waktunya jalan-jalan. Tujuan jalan-jalan kali ini tidaklah begitu jauh, yakni Yokohama. Tapi, bukan daerah sekitaran stasiun Yokohama melainkan kawasan Minatomirai. Minatomirai merupakan bagian dari Kota Yokohama yang berada dekat dengan laut. Sebenarnya daerah ini merupakan salah satu kawasan yang dulunya adalah laut kemudian dibuat menjadi daratan. Selain aksesnya mudah, banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi ketika berada di Minatomirai. Beberapa diantaranya yang pernah saya kunjungi adalah Akarenga (Red Brick Warehouse), Cup Noodles Museum, Nippon Maru Memorial Park, Cosmoworld, dan juga Yokohama Museum of Art.



Akarenga dulunya merupakan kompleks gudang, namun sekarang telah berubah fungsi menjadi kompleks pertokoan. Terdapat dua bangunan di Akarenga. Di dalam bangunan tersebut terdapat toko-toko yang menjual berbagai jenis barang mulai dari baju, kosmetik, aksesori dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, terdapat pula kafe-kafe yang menjual berbagai jenis makanan, mulai dari cemilan ringan hingga makanan berat. Di pelataran Akarenga sering diadakan berbagai macam event menarik. Pada bulan April lalu diadakan event "Oktoberfest" yang acaranya menyerupai salah satu perayaan yang ada di Jerman.


Akarenga


Tak jauh dari Akarenga terdapat sebuah Museum yang cukup unik, yakni Cup Noodles Museum alias Museum Mi Instant. Di Jepang sendiri terdapat beberapa Museum Mi Instant, salah satunya yang ada di Minatomirai Yokohama ini. Pengalaman mengunjungi Museum ini akan saya tulis lebih detail di post selanjutnya.



Berada tepat si seberang Museum Mi Instant terdapat sebuah taman bemain yang bernama Cosmoworld. Meskipun tidak begitu luas, di sana terdapat beberapa wahana permainan. Satu wahana yang ingin saya naiki adalah Bianglalanya. Menurut kabar yang saya dengar, Bianglala yang ada di Cosmoworld ini merupakan yang terbesar di Jepang. Tentunya, melihat pemandangan Kota Yokohama dari ketinggian merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Namun, sayangnya keinginan saya belum tercapai. Mungkin baru beberapa bulan ke depan bisa tercapai. Semoga.

Pemberhentian selanjutnya adalah Nippon Maru Memorial Park. Jadi, tempat ini adalah lokasi yang dijadikan kawasan Museum bagi sebuah kapal yang bernama Nippon Maru. Pengunjung diperbolehkan untuk memasuki dek kapal, tapi tentunya setelah membeli tiket terlebih dahulu. Di kawasan ini terkadang diadakan event pada waktu-waktu tertentu. Salah satunya adalah Full-sail Exhibition yakni saat dimana seluruh layar kapal Nippon Maru ini dikembangkan. Acara ini digelar 12 kali dalam satu tahunnya. Di sana juga terdapat Yokohama Port Museum, menara observasi, kafe, dan juga toko suvenir.

Nippon Maru




Tujuan berikutnya adalah Museum Seni Yokohama atau Yokohama Museum of Art. Letaknya tidak jauh dari Nippon Maru, cukup berjalan kurang lebih 10menit. Museum ini sering mengadakan berbagai pameran dalam satu tahunnya. Seperti pameran perayaan 25tahun Museum tersebut yang baru digelar pada bulan Maret hingga Mei lalu. Di kawasan Minatomirai tidak hanya terdapat Museum saja, akan tetapi juga terdapat sebuah bangunan yang disebut sebagai "Landmark Tower". Lokasinya berada dangat dekat dengan Museum Seni Yokohama. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat banyak tempat berbelanja. Mulai dari yang merk lokal hingga label-label yang sudah mendunia. Cocok bagi yang hobinya berbelanja. Selamat berjalan-jalan.


Yokohama Museum of Art dengan Landmark Tower di sisi kirinya

1 comment: