Wednesday, November 25, 2015

Musim Gugur Pertama


Menghitung hari-hari yang tersisa di bulan November membuat saya teringat kembali saat saya masih berada di Jepang tahun lalu. Saat memasuki bulan Oktober saya tidak sabar ingin melihat dedauan yang akan berubah warna karena sudah memasuki musin gugur. Saya membayangkan akan melihat warna merah, kuning, oranye, dan juga hijau pastinya. Ternyata tidak semua dedaunan akan berubah warna ketika musim gugur. Salah satu yang akan berubah warna adalah daun momiji atau maple. Daun momiji akan berubah menjadi kuning, oranye atau merah. Ada juga daun pohon ginko yang akan menguning ketika musim gugur.

Meskipun bulan Oktober sudah masuk musim gugur, namun tidak serta merta saya bisa langsung melihat dedaunan berubah warna. Musim gugur datang dari utara. Maksudnya daerah-daerah utara yang lebih dingin seperti Hokkaido, Tohoku akan mengalami perubahan warna lebih dulu. Perubahan warna daun musim gugur memang dipengaruhi oleh suhu yang dingin. Jadi, untuk daerah yang saya tinggali seperti Prefektur Kanagawa bagian pesisir, musim gugur datangnya cukup lama. Biasanya warna-warni daun musim gugur baru akan menyambangi daerah ini di sekitar akhir bulan November. Namun, di wilayah pegunungan kita bisa menikmati musim gugur mulai awal November.

Sebelum berburu dedaunan musim gugur, saya pun mencoba menikmati perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar kampus pada saat itu. Memang tidak seindah tempat-tempat yang memang ditujukan untuk menikmati pemandangan musim gugur tapi bagi saya itu cukup menjadi "hidangan pembuka". Di lingkungan kampus saya memang ada beberapa pohon momiji namun lebih banyak ditanami pohon ginko. Dedaunan yang mulai menguning ditambah langit yang biru adalah kombinasi yang apik. Tidak sabar rasanya mengunjungi tempat-tempat dengan pemandangan musim gugur yang indah.



salah satu sudut kampus dengan pohon ginko yang mulai berubah warna
daun ginko berwarna kuning dan langit biru
sudah hampir pukul 3 sore rupanya
daun-daun sudah mulai berguguran
salah satu sudut pemukiman di Ryokuentoshi
pohon momiji di sebelah kiri akan berubah warna menjelang akhir bulan Novenber
deretan pohon ginko yang masih hijau

No comments:

Post a Comment