Saturday, May 31, 2014

Sankeien Garden, Yokohama


Sebenarnya perjalanan ke Sankei-en Garden sudah agak lama, kalau tidak salah minggu kedua bulan April lalu. Masih dalam rangka mencari tempat untuk melihat bunga Sakura, Saya dan beberapa orang teman sesama mahasiswa program pertukaran pelajar di Universitas Ferris pun mengiyakan ajakan seorang residence assistant kami untuk mengunjungi Sankei-en Garden yang berada di Yokohama. Berangkat dari asrama menggunakan kereta lokal menuju Yokohama. Sesampainya di stasiun Yokohama, kami pun melanjutkan perjalanan menggunakan bus. Perjalanan kami tempuh selama kurang lebih 1 jam.

Sesampainya di halte terdekat kami pun berjalan menuju pintu masuk Sankei-en Garden. Tepat di sebelum gerbang masuk terdapat sebuah toko yang menjual aneka macam camilan yang bisa dibeli untuk oleh-oleh. Di toko tersebut juga menjual es krim. Berhubung sedang musim semi dijual juga es krim rasa Sakura. Baunya wangi, rasanya juga enak. Harganya pun juga tidak berbeda dengan es krim yang lainnya, yakni 300 yen. Bisa dicoba ketika berkunjung ke Sankei-en Garden ketika musim semi.


sakura ice cream

Sebelum memasuki taman tersebut, kami pun membeli tiket di mesin penjual tiket yang ada di dekat gerbang masuk. Setelah membeli tiket seharga 500 yen, kami pun melangkahkan kaki ke gerbang taman tersebut. Memasuki halaman taman, tersebut kami disambut dengan adanya sebuah kolam yang cukup luas. Di tepi kolam terdapat pohon-pohon Sakura yang sedang berbunga. Kami pun mulai berkeliling taman dengan berjalan menyusuri tepian kolam tersebut.

Taman tersebut dibuat oleh Sankei Hara, seorang pebisnis yang sukses di Yokohama. Pembangunan taman dimulai pada 1902 dan membutuhkan waktu selama kurang lebih 20 tahun untuk menyelesaikannya. Di taman tersebut ditaman berbagai macam bunga seperti Sakura, Teratai, Mawar, Daffodil dan lain sebagainya yang akan mekar pada masing-masing musimnya. Selain bisa melihat berbagai macam bunga, juga ada banyak event yang digelar di taman tersebut dalam satu tahunnya. 

Bagian taman tersebut dibagi dua, yakni taman bagian dalam (inner garden) dan taman bagian luar (outer garden). Bagian luar merupakan area yang dibuka untuk umum pada 1906. Terdapat Pagoda kayu yang dibangun pada masa Muromachi (sekitar 500 tahun lalu) yang dipindahkan pada 1914 dari Tomyoji, Kyoto. Selain Pagoda, terdapat juga bangunan untuk upacara minum teh yang disebut Rindoan, dan ada bangunan utama dari sebuah kuil di Tomyoji, Kyoto yang juga dipindahkan ke taman Sankei-en. Di taman bagian luar ini ditanami dengan berbagai macam bunga.

Taman bagian dalam dulunya merupakan ruang khusus bagi keluarga Hara. Bebeda dengan bagian luar yang terdapat banyak bunga, di taman bagian dalam didesain sebagai tempat yang nyaman untuk beristirahat dengan perpaduan beberapa bangunan bersejarah. Terdapat rumah peristirahatan keluarga Kishu-Tokugawa yang menjadi pusat dari taman bagian dalam ini. Bangunan-bangunan di taman bagian dalam ini juga kebanyakan merupakan bangunan yang dibangun pada masa Edo yang kemudian dipindahkan ke taman tersebut.

Taman ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi yang sedang atau ingin berwisata di sekitaran Tokyo. Selain tidak begitu jauh, aksesnya pun juga mudah.


tiket masuk
Sakura yang sedang mekar




inner garden













Sankei-en Garden

58-1 Honmokusannotani, Naka-ku, Yokohama-shi, Kanagawa-ken 231-0824

Jam Buka        setiap hari 09:00 - 17.00 (last entry 16:30)
tutup pada 29, 30, 31 Desember

Tiket masuk   dewasa 500 yen
                         anak-anak 200 yen

Di beberapa tempat wisata yang ada di Jepang, tiket bisa dibeli di mesin penjual tiket otomatis. Namun ada juga beberapa tempat yang tiket masuknya hanya dijual di minimarket tertentu. Misalnya Museum Fujiko F. Fujio dan Museum Gibli yang tiketnya hanya bisa dibeli di minimarket Lawson. Meskipun begitu, ada juga yang sistem penjualan tiket masuknya masih manual dan bisa langsung dibeli di tempat seperti Kuil Kotoku-in atau Great Buddha, Cup Ramen Museum (museum mie instant) dan lain sebagainya.


akses menuju lokasi
- Stasiun Tokyo : kereta JR Tokaido Main Line tujuan Hiratsuka turun di Stasiun Yokohama. Dari terminal bus Yokohama naik bus jalur 8 menuju Honmoku Shako Zenko (本牧車庫前行)  kemudian turun di halte Honmoku Sankei-en Mae (本牧三渓園前).

- Stasiun Shinjuku : kereta JR Shonan-Shinjuku Line tujuan Odawara turun di stasiun Yokohama. Dari terminal bus Yokohama naik bus jalur 8 menuju Honmoku Shako Zenko (本牧車庫前行)  kemudian turun di halte Honmoku Sankei-en Mae (本牧三渓園前).

*Perjalanan menggunakan bus dari Stasiun Yokohama memakan waktu sekitar 30 menit. Dari halte Honmoku Sankei-en Mae menuju gerbang taman Sankei-en jaraknya sekitar 550meter atau 7-10 menit dengan berjalan kaki.

No comments:

Post a Comment