Tuesday, June 25, 2013

Ujian (hidup) Akhir Semester

안녕하세요.
저는닉마입니다.
인도네시아사람입니다.

ada yang tau tulisan di atas simbol apa?
itu adalah tulisan dalam huruf Korea. artinya kurang lebih "Halo. Nama saya Niqmah. Saya orang Indonesia." Korea? Korean wave nampaknya telah melanda berbagai kalangan, tidak hanya abege ababil saja. demam Korea nampaknya mampir juga ke kantor jurusan dimana para dosen sedang membahas rancangan mata kuliah yang akan diadakan. dan voila~ bahasa Korea jadi salah satu mata kuliah wajib semester genap.

ya, bahasa Korea adalah salah satu mata kuliah yang saya ambil semester ini. walaupun alasan sebenarnya tidak ada hubungannya dan bukan karena Korean wave, tapi kata pak dosen dikarenakan bahasa Korea memiliki tata bahasa yang kurang lebih mirip dengan bahasa Jepang (bahasa yang sedang saya pelajari). kalau bukan karena merupakan mata kuliah wajib, entah saya bakal ambil apa tidak waktu ngisi KRS (kartu rencana studi) awal semester lalu. awalnya saya kira akan sulit karena harus belajar hurufnya yang memang masih asing bagi mata saya, kenyataannya memang sulit belajar bahasa Korea bagi saya.
selama satu semester saya hanya hafal beberapa kosakata seperti 'abeoji', 'sagwa', 'uyu', dan beberapa kosakata sederhana lain yang tidak lebih dari tiga suku kata. selain itu? jangan ditanya. hurufnya saja sampai sekarang masih belum semuanya hafal. untuk membuat kalimat dalam bahasa Korea di atas saja saya pakai jasa google translate.
hari ini (25/06), tepatnya tadi pagi jam 07.30 ujian bahasa Korea diadakan. lumayan percaya diri mengerjakan walaupun berbekal hasil belajar dadakan semalam. bagaimana hasilnya nanti, yang penting kerjakan sesuai contoh dan instruksi sudah ada usaha. tak sempat memikirkan lebih lama lagi mengenai hasil ujian bahasa Korea karena sudah ada materi ujian selanjutnya yang menanti untuk dibaca, syukur-syukur kalau bisa paham.

No comments:

Post a Comment