Saturday, June 15, 2013

Naik-naik Ke Puncak Gunung Api Purba

halo..
Awal bulan ini saya berkesempatan jalan-jalan ke Gunung Api Purba Nglanggeran yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Tanggal 6 Juni kemarin, saya dan tiga orang teman berangkat jam 8 pagi dari Yogyakarta. Perjalanan memakan waktu kurang dari satu jam. Jika berangkat dari arah Yogyakarta, lokasinya berada sebelum pusat kota Wonosari. Akses jalan cukup baik dan sudah ada petunjuk arah yang cukup jelas jika ingin menuju ke sana. Setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar 5000 rupiah untuk siang hari dan 7000 rupiah jika kita berkunjung pada sore hari.

tiket masuk

Sayangnya saat kami sampai di sana cuaca kurang cerah, tapi hal itu tidak menyurutkan niat kami untuk mencapai puncak Gunung Api Purba. Berdasarkan apa yang dikatakan oleh penjaga loket, waktu tempuh untuk sampai ke puncak sekitar 30-45 menit. Kami pun mulai melangkahkan kaki melewati jalur yang telah ada. Tak perlu takut tersasar karena telah disediakan penunjuk arah.

Untuk sampai ke puncak kita akan melewati 5 buah pos atau gardu pandang yang bisa dijadikan tempat beristirahat. Jalur menuju puncak tidak hanya berupa jalan setapak akan tetapi juga terdapat beberapa anak tangga yang terbuat dari batu, jalur yang agak sulit untuk dilewati pun telah dipasangi tali pengaman sehingga cukup aman untuk dilewati. Jalan setapak agak licin pada saat hujan atau setelahnya. Sampai di puncak ternyata kabut, jadilah kita kurang bisa menikmati pemandangan yang ada. Meskipun begitu, tetap saja tak boleh dilupakan sesi potret-memotret. Hasilnya foto-foto narsis pun tersimpan di memori kamera.

Kurang lebih hampir dua jam menunggu cuaca yang tak kunjung cerah dan juga mulai ramai oleh pengunjung, kami pun beranjak turun. Dalam perjalanan turun kita akan melewati sebuah jalan berupa terowongan yang diapit oleh tebing batu. Terowongan tersebut tidak terlalu lebar, bagi yang memiliki ukuran tubuh di atas rata-rata mungkin akan terasa sempit. Untuk yang ingin berkemah juga bisa. Di dekat puncak terdapat camping groud yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Jadi, bagi yang sedang dalam perjalanan ke arah Wonosari atau pantai di daerah Gunung Kidul dan belum pernah ke Gunung Api Purba Nglanggeran, tidak ada salahnya untuk mampir.