Friday, January 3, 2014

Gudeg Wijilan 'Bu Lies'


Waktu menemani tamu dari Jepang bulan lalu, setelah mengunjungi Keraton kami pun makan siang di daerah sekitaran Keraton. Karena tujuan selanjutnya adalah ke Taman Sari maka kami mencari tempat makan yang tidak jauh dari Keraton. Akhirnya pilihan jatuh ke daerah Wijilan yang terkenal dengan Gudegnya. Kami dibawa menuju ke salah satu kios yang katanya terkenal paling enak di daerah tersebut. Gudeg Wijilan 'Bu Lies', begitulah nama yang tercantum di kios tersebut.
Kami pun segera memesan paket Gudeg serta minumannya. Tak berapa lama pesanan kami pun datang. Gudeg dihidangkan dengan nasi putih, krecek, serta lauk seperti ayam, tahu dan tempe bacem, dan juga telor yang bisa dipesan sesuai selera. Saya pun memesan Nasi Gudeg Krecek Paha Bawah (Rp 15.000,-) ditambah dengan tempe bacem.
Porsinya cukup mengenyangkan bagi saya. Gudegnya lumayan manis tapi terasa sedikit asam sewaktu saya memakannya, sedangkan Kreceknya kenyal-kenyal empuk dan sedikit pedas. Dari yang saya rasakan, sepertinya ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Bagi yang suka pedas, disediakan juga sambal sebagai penambah rasa.
Harga Gudeg di sini cukup terjangkau, mulai dari Rp 8.000,- sampai Rp 35.000,- tergantung dari jenis lauknya. Bisa juga jika ingin menambah lauk seperti tahu / tempe bacem (Rp 2.000,-) serta telor pindang (Rp 4.000,-). Untuk minumannya ada aneka jus, wedang khas serta minuman dingin seperti es teh, es temulawak, dan sebagainya. Harga minuman mulai dari Rp 3.000,- hingga Rp 9.000,- saja.
Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Tidak ada salahnya untuk mampir ke sini jika sedang berada di Jogja.

No comments:

Post a Comment