Thursday, August 29, 2013

Tutor

KKN memang sudah selesai, namun masih ada PR berupa laporan yang masih harus dikerjakan sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Meninggalkan lokasi KKN Senin, 26 Agustus dan tiba kembali di Jogja tanggal 28 Agustus. Sesampainya di Jogja, satu tugas telah menanti. Sebelumnya saya mendapat kabar bahwa mahasiswa dari Universitas Kokushikan akan datang. Tutor yang dihubungi oleh kantor INCULS (Indonesian Language and Culture Learning Service) diharapkan datang untuk perkenalan pada hari Senin, 26 Agustus 2013. Berhubung hari itu saya masih dalam perjalanan, maka saya pun mengabari bahwa baru akan tiba di Jogja pada hari Rabu. Staf INCULS ternyata berbaik hati menunggu kedatangan saya.
Sebetulnya saya telah terdaftar menjadi tutor di INCULS sejak Desember tahun lalu, akan tetapi baru kali ini saya mendapatkan tugas. Akhirnya resmi saya resmi menjadi tutor juga.

Rabu, 28 Agustus 2013 pukul 08.40 akhirnya saya tiba di Jogja. Setelah sedikit berbenah kamar kos, mandi dan bersiap-siap, saya pun segera menuju ke kampus. Setibanya di kantor INCULS saya masih harus menunggu staf yang mengurus mahasiswa Kokushikan. Setelah sekitar satu jam menunggu, saya pun dikabari untuk bertemu dengan mahasiswa yang akan saya bimbing pada pukul 13.00 karena saat itu mereka sedang break makan siang. Waktu yang ditentukan pun datang, saya penasaran  bagaimana mahasiswa yang nantinya menjadi partner saya dan juga dan sedikit khawatir karena ini pertama kalinya saya menjadi tutor. Apakah saya nanti bisa berkomunikasi dengan baik, apakah saya bisa membantunya belajar Bahasa Indonesia dengan baik, dan beberapa kekhawatiran lainnya. Namun saya harus menghilangkan pikiran-pikiran buruk tersebut sehingga bisa melaksanakan tugas dengan baik.
Namanya Kikuchi Sota, mahasiswa Universitas Kokushikan tahun kedua. Panggilannya Sota, berasal dari daerah Okinawa tapi tinggal di Kanagawa. Semoga sesi tutorial ini berjalan lancar.

7 comments:

  1. Mbak, mau tanya apakah pendaftaran sebagai tutor inculs dibuka untuk tahun ini? Untuk tutor 2014. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahuku belum ada pengumuman dari kantor inculs untuk pendaftaran tutor tahun ini, kemungkinan baru ada tahun depan.
      salam

      Delete
    2. Oh..terimakasih sebelumnya mbak atas infonya..jadi pendaftarannya dibuka dua tahun sekali? Oh ya..mbak mungkin ada twitter atau kontak yg bisa dihubungi..saya pengen tanya2 mengenai tutor inculs. Saya mahasiswa ugm juga.hehe.terimakasih.

      Delete
    3. sama-sama.
      wah, aku gak ada twitter,kalau lewat email aja, di niqmah.palupi@gmail.com gimana?
      oh ya? jurusan apa?

      Delete
    4. Oh...ok mbak terimakasih...gak jauh2 amat kok dr fib...aku di perikanan..hehe..mbak jurusan apa?sasindo? Oh ya..nutorin mahasiswa negara mana mbak?

      Delete
    5. wah, perikanan?seru gak kuliahnya?
      Aku sastra jepang. baru Jepang sama Australia.

      Delete
    6. Seru bangetttt....sering kelapangan..apalagi kalo udah kunjungan ke luar kota sama praktek ke pantai..hehe...angkatan berapa ngomong2?aku 2010.hehe...wow..asiik kayaknya...aku udah pengen daftar sejak 2011 silam tapi slalu kurang info.TT.

      Delete