Monday, September 2, 2013

KKN Jalan-jalan

pasukan KKN-PPM unit DKI-01 siap berangkat jalan-jalan

Di sela-sela kesibukan menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN), saya dan teman-teman satu tim menyempatkan untuk menikmati secuil keindahan Kepulauan Seribu. Pada 11 dan 13 Agustus 2013 yang lalu anggota tim unit KKN DKI-01 memutuskan untuk jalan-jalan. Karena masih terhitung libur Hari Raya Idul Fitri, maka Pulau-pulau di sekitar Pulau Pramuka dikunjungi oleh banyak wisatawan yang sedang memanfaatkan waktu libur mereka. Pulau Air dan Pulau Semak Daun menjadi tujuan kami pada tanggal 11 Agustus, sedangkan Pulau Air dan Pulau Kotok kami kunjungi pada 13 Agustus. Selain untuk menikmati keindahan pantainya, kami juga melakukan kegiatan snorkeling di beberapa titik.

Tujuan pertama adalah Pulau Air. Pulau Air ini terdiri dari beberapa Pulau kecil yang terpisah namun jaraknya berdekatan. Menurut penduduk Pulau Panggang, Pulau Air sebenarnya merupakan Pulau pribadi milik seorang pengusaha, namun agaknya Pulau tersebut kurang terurus sehingga bangunan yang ada agak terbengkalai. Pantai di Pulau Air memiliki pasir putih, sedangkan lautnya berwarna hijau kebiruan. Di Pulau Air kami berlatih bagaimana cara menggunakan alat snorkeling. Setelah itu kami menuju tempat yang biasa digunakan untuk snorkeling. Kami tidak sabar untuk segera masuk ke air dan melihat terumbu karang yang ada.

Pulau Air
siap untuk snorkeling

Pulau Semak Daun atau yang dijuluki sebagai Pulau Smackdown oleh warga Pulau Panggang, juga merupakan sebuah Pulau kecil. Di Pulau ini, kami bertemu dengan beberapa rombongan yang sedang berkemah. Pulau Semak Daun memang menjadi salah satu tujuan utama wisatawan. Akan tetapi di Pulau ini tidak ada penginapan, sehingga pengunjung yang ingin bermalam bisa mendirikan tenda di area sekitaran Pulau tersebut.

dermaga Pulau Semak Daun

Ketika kami mengunjungi Pulau Kotok, tujuan utama kami adalah Pulau Kotok Besar yang menjadi kawasan konservasi burung elang. Namun sayangnya kami tidak dapat berlabuh karena ombak yang cukup besar. Akhirnya kami hanya sempat mampir sebentar di Pulau Kotok Kecil yang letaknya tidak begitu jauh. Di Pulau ini Kotok Kecil telah dibangun beberapa Cottage yang ditujukan bagi wisatawan yang ingin menginap. Namun, sayangnya bangunan yang ada tidak terurus dengan baik sehingga terlihat kotor dan terbengkalai.


Sekitar setengah jam kemudian kami pun kembali ke pondokan. Namun, sebelum kembali ke Pulau Karya, kami menyempatkan snorkeling sekali lagi di kawasan sub-coral.




karang-karang


di Pulau Air
Pulau Air

No comments:

Post a Comment