Monday, September 16, 2013

さようなら、また会いましょう

Tidak terasa tiga minggu telah berlalu. Tiba saatnya acara penutupan program Kokushikan 2013 yang diadakan pada hari Kamis, 12 September 2013. Setelah acara penutupan, maka selesai sudah program belajar bahasa Indonesia bagi mahasiswa Kokushikan. Hal ini juga menjadi penanda selesainya tugas saya sebagai tutor kali ini. Selesai sudah tugas pertama saya sebagai tutor, membantu mereka belajar bahasa Indonesia di INCULS. Para mahasiswa Kokushikan ini dijadwalkan kembali ke negaranya pada Sabtu, 14 September 2013.

Sebelum berangkat ke bandara kami terlebih dahulu berkumpul di INCULS. Sebagian dari mereka ada juga yang langsung diantarkan ke bandara oleh Host Family masing-masing. Ya, selama tiga minggu ini mereka tinggal di Homestay. Melihat kedekatan mereka dengan keluarga Homestay, membuat saya berpikir bahwa dalam tiga minggu saja mereka bisa sedekat ini lalu bagaimana jika mereka tinggal lebih lama? Tidak menutup kemungkinan mereka kemudian dianggap sebagai bagian dari keluarga.
Pada saat itu, kami mengobrol, saling bertukar hadiah, berfoto bersama, membuat kenangan sebelum berpisah. Setelah beberapa saat, kami pun berangkat menuju bandara. Sesampainya di bandara, sekali lagi kami saling bercerita, berfoto bersama, dan mengukir kenangan. Meskipun singkat, telah banyak kenangan yang terekam dalam memori. Saat-saat pertama kali kami berjumpa. Saat-saat perkenalan yang masih terasa canggung. Hingga masa-masa dimana kami meluangkan waktu untuk bermain bersama, makan bersama, berjalan-jalan bersama. Berbagi cerita serta canda tawa. Pada akhirnya, air mata tak kuasa untuk di bendung. Pengumuman keberangkatan telah diserukan, beberapa dari kami telah berurai air mata.
Meskipun hanya tiga minggu kebersamaan kami, rasanya seperti telah saling mengenal sekian lama. Berat rasanya untuk berpisah. Namun, bukan berarti ini menjadi perjumpaan terakhir kami. Jika Tuhan berkenan, kami akan diberi kesempatan untuk bertemu kembali, entah kapan. Selamat jalan kawan. Bukan "selamat tinggal" yang terucap, melainkan "sampai jumpa". Berharap akan ada kesempatan untuk bertemu, berbagi kembali.

bermain Donal Bebek
bermain Cublak-cublak Suweng
bermain Domikado
bermain Perahu Tenggelam

 
upacara penutupan
bersama Kikuchi Sota
Kikuchi Sota

No comments:

Post a Comment