Monday, September 9, 2013

Jadah Tempe Sunmor

Kemarin hari Minggu (8/9) saya berkesempatan mengunjungi Sunmor setelah beberapa bulan. Sunmor merupakan kependekan dari Sunday Morning. Sunmor serupa pasar kaget yang diadakan setiap hari Minggu mulai pukul 06.00 sampai 12.00. Lokasi yang dipakai adalah kawasan Lembah UGM. Saya bersama beberapa teman satu kos berangkat pukul 06.10 WIB menuju lokasi Sunmor. Setelah berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit, kami pun sampai di Lembah tempat Sunmor tersebut. Barang yang dijual di Sunmor relatif beragam. Mulai dari baju, jam tangan, tas, sampai sprei pun ada. Kalau anda belum sempat sarapan, bisa juga mencoba makan di warung-warung tenda yang menyediakan berbagai macam makanan. Tidak hanya itu, beragam camilan pun dapat dijumpai di Sunmor. Ada jamur krispy, cimol, cireng, sosis bakar, takoyaki dan lainnya.

Sewaktu Sunmor kemarin saya menjumpai penjual Jadah Tempe khas Kaliurang. Kenapa Kaliurang? Karena di Kaliurang banyak yang menjajakan makanan tersebut sehingga orang mengenalnya sebagai makanan khas daerah Kaliurang. Ternyata tak harus jauh-jauh ke Kaliurang untuk bisa menikmati Jadah Tempe, cukup dengan jalan- jalan ke Sunmor. Selama ini meskipun tinggal di Jogja, saya belum pernah mencoba makanan yang satu ini. Akhirnya saya pun tergoda untuk membeli sepaket Jadah Tempe. Harga untuk sepaket Jadah Tempe adalah Rp 10.000, cukup murah menurut saya. Dengan Rp 10.000 kita sudah mendapatkan 10 buah Jadah serta 5 buah Tempe bacem. Rasa Jadahnya gurih dan Tempe bacemnya manis. Cukup enak dan juga bisa untuk mengganjal perut saat lapar karena Jadah tersebut dibuat dari beras ketan.




No comments:

Post a Comment