Thursday, November 14, 2013

Icip-icip Mie Aceh


Tidak hanya makanan Padang yang sekarang ini dikenal di berbagai daerah. Nampaknya Aceh tak mau ketinggalan untuk memperkenalkan kuliner khasnya. Salah satu yang cukup dikenal adalah mie Aceh serta Roti Cane. Di Jogja sendiri sudah ada beberapa tempat yang menyediakan kuliner khas Aceh tersebut.
Bungong Jeumpa merupakan salah satu tempat yang menyediakan kuliner khas Aceh. Ada satu cabang yang lokasinya berada dekat dengan kampus. Hal ini membuat saya menjadikannya sebagai salah satu alternatif tempat makan dikala bosan dengan menu-menu yang biasanya. Di sana terdapat berbagai macam pilihan mie dan nasi goreng Aceh. Untuk pilihan mie ada yang goreng dan juga mie rebus. Pelengkapnya mulai dari telur, ayam, cumi, hingga kepiting pun tersedia tinggal pilih mau yang mana. Tak hanya itu, berbagai macam Roti Cane serta Martabak Aceh pun juga bisa dipesan di sana.
Pilihan saya waktu itu jatuh pada Mie Rebus Ceker. Setelah menunggu beberapa saat, pesanan pun datang. Sebuah mangkuk yang berisi mie dan kuah, tauge, kacang tanah goreng, daun bawang, serta ceker ayam telah terhidang di depan mata. Penasaran akan rasanya, saya pun segera mencicipi kuahnya terlebih dahulu. Awalnya saya kira kuahnya akan terasa pedas, namun menurut saya rasanya tidaklah pedas dan terasa sedikit agak asam. Saya pun memasukkan cabai rawit hijau yang disediakan bersama acar serta kerupuk sebagai pelengkap ke dalam kuah mie. Lumayan lah, sudah agak lebih pedas.
Menurut saya porsi yang disajikan cukup mengenyangkan kecuali yang memang terbiasa makan dengan porsi banyak. Untuk harga juga masih terjangkau untuk kantong mahasiswa seperti saya. Seporsi Mie Rebus Ceker ini dihargai Rp 12.000,-. Harga mie Aceh dan nasi gorengnya mulai dari Rp 10.000,- sampai Rp 25.000,- tergantung dari isiannya. Sedangkan untuk Roti Cane mulai harga Rp 8.000,- hingga Rp 19.000,-. Bagi yang ingin mencicipi Martabaknya cukup menyiapkan uang mulai dari Rp 9.000,- hingga Rp 20.000,-.
Selain kuliner khas Aceh tersebut, tempat ini juga menyediakan aneka nasi lauk dan nasi gurih yang bisa dipesan sesuai dengan selera masing-masing. Minumannya pun cukup beragam, mulai dari yang standar seperti es teh dan es jeruk hingga aneka kopi dan susu. Jadi, bagi yang ingin sesekali mencoba kuliner Aceh tak ada salahnya mencoba tempat makan yang satu ini.

No comments:

Post a Comment